Jumat, 15 Maret 2013

Sebuah Hikayat Mistis Penghuni Qubur

Telah mengabarkan kepadaku Abu Yahya an-Naqid, ia berkata : aku mendengar al-Hasan bin al-Jaruwi mengatakan : aku berjalan lewat diatas pekuburan saudara perempuanku, kemudian aku membaca “Tabarak” disamping quburnya, ketika hal tersebut disebutkan, kemudian datanglah seorang laki-laki kepadaku seraya berkata : "sesungguhnya aku melihat saudaramu didalam mimpi mengatakan “semoga Allah memberikan balasan kebaikan kepada Abu ‘Ali, sebab sungguh telah memberikan manfaat kepadaku dengan apa yang ia baca”."

Telah mengkhabarkan kepadaku al-Hasan bin al-Haitsam, ia berkata : aku mendengar Abu Bakr bin al-Athrusy putra saudara perempuan dari Abu Nashr bin at-Tamar, ia mengatakan : ada seorang laki-laki datang ke qubur ibunya pada hari Jum’at , kemdian ia membaca surah Yasiin, maka kemudian ia datang kembali pada hari-hari berikutnya, kemudian membaca surah Yasiin dilanjutkan dengan berdo’a : “ya Allah jika Engkau membagi-bagikan pahala dengan surah ini maka jadikanlah surah ini untuk penghuni pequburan ini”.

Maka tatkala tiba pada hari jum’at berikutnya, datanglah seorang perempuan seraya berkata : “Apakah engkau Fulan ibn Fulanah ?”. Ia menjawab : “benar”, perempuan itu berkata : “Sesungguhnya aku memiliki putri yang telah wafat, kemudian aku melihat didalam mimpi, ia duduk di pinggir quburnya, aku pun berkata : “Kenapa engkau duduk disini ?”. Ia menjawab : “Sesungguhnya Fulan bin Fulanah datang ke qubur ibunya, kemudian membaca surah Yasiin dan menjadikan pahalanya untuk penghuni pequburan, maka aku pun termasuk ruh yang mendapat bagian atau diberi pengampunan atau seumpanya yang demikian”.

Teks Arab :
قال الشعبي وأخبرني أبو يحيى الناقد قال سمعت الحسن بن الجروى يقول مررت على قبر أخت لي فقرأت عندها تبارك لما يذكر فيها فجاءني رجل فقال إنى رأيت أختك في المنام تقول جزى الله أبا على خيرا فقد انتفعت بما قرأ أخبرني الحسن بن الهيثم قال سمعت أبا بكر بن الأطروش ابن بنت أبي نصر بن التمار يقول كان رجل يجيء إلى قبر أمه يوم الجمعة فيقرأ سورة يس فجاء في بعض أيامه فقرأ سورة يس ثم قال اللهم إن كنت قسمت لهذه السورة ثوابا فاجعله في أهل هذه المقابر فلما كان يوم الجمعة التي تليها جاءت امرأة فقالت أنت فلان ابن فلانة قال نعم قالت إن بنتا لي ماتت فرأيتها في النوم جالسة على شفير قبرها فقلت ما أجلسك ها هنا فقالت إن فلان ابن فلانة جاء إلى قبر أمه فقرأ سورة يس وجعل ثوابها لأهل المقابر فأصابنا من روح ذلك أو غفر لنا أو نحو ذلك


Dikutip dari kitab Ar-Ruuh fil Kalaami ‘alaa Arwaahil Amwaat wal Ahyaa’ bi ad-Dalaaili minal Kitaabi was Sunnah [hal. 11] karya Ibnul Qayyim al-Jauziyyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar